JARINGAN IKLAN YANG MENYEDIAKAN FORMAT NATIVE

Sebagian besar Blogger pasti akan mengambil kesempatan sekaligus manfaat dari aktivitasnya menulis di blog. Bukan sekadar menuangkan ide dalam bentuk tulisan lalu dinikmati oleh pembaca, namun ada pula yang menjadikan blog sebagai lahan mencari penghasilan tambahan. Apakah hal itu salah? Kami kira tidak, selain hak masing-masing orang, memasang iklan di blog guna mencari penghasilan tambahan sama sekali bukanlah hal buruk. Hanya saja, kadang pengunjung kurang suka jika dalam sebuah web atau blog ada iklan yang tayang. Apalagi jika iklan tersebut adalah dalam bentuk pop-up, rata-rata pengunjung akan terganggu dengan adanya iklan tersebut.

Akhir-akhir ini, iklan pop-up mulai kurang diminati para publisher, bisa jadi keputusan melepas iklan pop-up diambil oleh karena dampak gangguan yang ditimbulkan saat blog dikunjungi. Hingga kini, jaringan iklan terus berinovasi dalam hal tampilan ataupun tayangannya agar tidak menggangu para pengunjung web/blog. Unit iklan yang kini mulai populer adalah dalam bentuk tayangan iklan asli (native). Jika diperhatikan, tampilan native memang sangat unit serta menarik—bahkan nyaris tak mengganggu pengunjung. Maka tak heran bila hal ini juga memicu pengunjung merasa betah dan berlama-lama berada di dalam blog. Beda ketika web/blog ada iklan pop-up, selain mengganggu, iklan semacam itu juga berisiko membahayakan perangkat para pengguna. Wajar jika AdSense sangat melarang menyandingkan jenis iklan ini dengannya.

Berikut ini adalah jaringan iklan (network) yang menyediakan unit iklan native:
ADCASH
Jaringan iklan ini didirikan pada tahun 2014 dan berkantor di Tallinn, Estonia. Lebih dari 100.000 tayangan iklan disalurkan. Adapun unit iklan yang disediakan oleh AdCash adalah Native Push Notification, Web Native, Banner, Pop-under, dan Interstitial. Ambang batas pembayaran yang diberikan adalah $100 dan akan ditransfer melalui Bank Transfer, Paypal, Skrill Moneybookers, WebMoney, Payoneer, dan Bitcoin.

  
ADNOW
Di antara sekian banyak jaringan iklan yang saat ini terus bermunculan, AdNow merupakan salah satu alternaitf yang sering kali digunakan. Untuk saat ini, unit iklan yang diberikan hanya tampilan native. Rata-rata publisher AdNow menempatkan unit iklan di bawah artikel—barangkali hal itu dikarenakan iklan yang tayang hampir mirip dengan artikel terkait (related post). Adapun ambang batas pembayaran USD $20 dan akan ditransfer lewat Bank Transfer, Paypal, Skrill Moneybookers, WebMoney, atau metode yang sudah disediakan.


ADSENSE
Siapa yang tak kenal AdSense? Di kalangan para penayang iklan web/blog, AdSense sangat populer bahkan saat ini menjadi primadona. Siapa pun yang memiliki web/blog pasti ingin mendaftar dan menempatkan iklan AdSense di dalamnya. Bagi sebagian orang, mendaftar AdSense sangatlah mudah, tapi tidak untuk sebagian yang lain. Memang tidak ada ketentuan lalu lintas tinggi untuk bisa disetujui, selama memenuhi persyaratan—terutama dalam hal konten—blog yang didaftarkan pasti diterima. Kalaupun belum diterima, AdSense akan memberi tahu hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki sebelum mengajukan kembali permintaan sebagai penayang iklan—ini khusus bagi pemilik domain hosted, sedangkan pemilik nonhosted tinggal menunggu persetujuan, hanya saja domain nonhosted waktunya jauh lebih lama ketimbang pemilik domain hosted.

Saat ini, unit iklan yang diberikan cukup variatif. Dari iklan yang hanya berupa Teks, Banner, Native, ada juga yang berupa Konten Sesuai. Adapun ambang batas pembayaran USD $100 atau setara dengan Rp. 1.300.000,-


ADSTERRA
Jika ada jaringan iklan sudah sangat familier bagi para penayang iklan, mungkin ada juga yang sebaliknya. Bisa jadi Adsterra masih sangat asing bagi sebagian besar publisher. Adsterra merupakan jaringan iklan yang berbasis di Russia. Jaringan iklan ini baru diluncurkan sekitar tahun 2010 yang lalu. Peghitungan pendapatan bisa melalui Cost Per Click (CPC), Cost Per Mile (CPM), dan Cost Per Action (CPA). Adapun unit iklan yang diberikan adalah Rich Media, Banner, Teks, Pop-up/Pop-under, Aplikasi, dan juga Native. 


EXOCLICK
Barangkali Anda bisa mencoba jaringan iklan ini. Exoclik merupakan jaringan iklan yang berbasis di Barcelona dan dirilis pada Desember 2006. Selain menyediakan iklan Spanduk, Pop-up atau Pop-under, Exoclik juga menyediakan unit iklan native maupun unit iklan lainnya. Cukup fleksibel diterapkan dalam blog. Statistik perhitungan juga cukup akurat. Ambang batas pembayaran mulai dari $20 melalui Paypal, atau dengan cara yang sudah disediakan di sana.


MEDIAVENUS
Sama dengan penyedia iklan lain, jaringan iklan ini juga menyediakan unit iklan spanduk maupun unit iklan native. Secara statistik, jaringan ini juga lumayan bagus. Ambang batas pembayaran yang diberikan adalah $100 lewat Paypal ataupun melalui proses pembayaran yang sudah disediakan di sana.


MGID
Jaringan iklan yang kini mulai populer di kalangan publisher adalah MGID. Jaringan iklan yang dirilis pada tahun 2004 ini memang tampak sedikit berbeda dengan jaringan iklan lainnya. Jaringan iklan ini menyediakan berbagai macam tawaran seperti konten marketing, CPC, dan CPM.

Kelebihan dari jaringan iklan ini:
- Fill rate 100%;
- Nilai CPC dan CPM tinggi;
- Pembayaran minimal 50% (paypal), 100% (Wire transfer);
- pembayaran rutin per bulan (net 30);
- Statistik real time;
- Iklan responsive.


OUTBRAIN
Dirilis pada tahun 2006, jaringan iklan ini sudah mulai merambah pasar digital secara luas. Outbrain sudah menjalin kerja sama dengan perusahan-perusahaan besar dan telah mendistirbusikan tayangan iklan ke pelbagai situs. Iklan yang tayang kurang lebih menyesuaikan konten dari label perusahaan yang cukup menarik para pengunjung web/blog.


PAYCLICK
Hampir serupa dengan AdNow, jaringan iklan ini juga menyediakan unit iklan fleksibel untuk mobil dan web. PayClick adalah Jaringan periklanan premium berbasis iklan asli (Native Ads) atau iklan bawaan modern yang dirancang dengan algoritma canggih. PayClick merupakan jaringan iklan yang mencakup secara global dan sudah sangat berpengalaman. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2010 dan sudah mendapatkan kepercayaan lebih dari 120 ribu pengiklan yang tersebar di 107 negara. Semua format iklan native yang digunakan oleh PayClick sudah sesuai dengan persyaratan dari sebuah organisasi periklanan Interactive Advertising Bureau (IAB).


PROPELLERADS
Jaringan iklan yang saat ini mulai dilirik para penayang publisher adalah PropellerAds. Format iklan yang diberikan juga tergolong lengkap, dari iklan bentuk spanduk (banner), gambar asli (native) sampai dengan iklan pemberitahuan (notifikasi). Proses pendaftaran tidak sulit, bahkan web/blog dengan lalu lintas rendah pun bisa mendaftar. Hal yang paling menggembirakan adalah ambang batas dari jaringan iklan ini jauh lebih kecil dibandingkan jaringan iklan lain yakni $5 melalui Paypal. Tentu saja, bagi penayang iklan yang memiliki lalu lintas lebih dari 3000 pengunjung akan lebih cepat mendapat gajinya. Bisa jadi tiap akhir pekan mendapat gajian.


REVCONTENT
Jaringan iklan ini tergolong sangat cepat perkembangannya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa jaringan ini mampu bersaing degan pengguna Youtube dan juga Amazon. Tak tanggung-tanggung, jaringan iklan ini menggandeng kemitraan dengan media populer serta terbesar di dunia. Meski tergolong muda, kiprahnya tak diragukan lagi dalam dunia periklanan. Hanya saja, bagi publisher harus bersarbar menanti persetujuan, selain harus memiliki lalu lintas super tinggi, ada persyaratan lain yang harus dipenuhi yakni penyajian konten yang harus benar-benar berkualitas.


TABOOLA
Salah satu jaringan iklan yang tak kalah populer saat ini adalah Taboola. Bahkan jaringan ini merupakan saingan berat bagi jaringan iklan lainnya. Mengingat bahwa syarat pengajuan yang tak mudah, penilaian terhadap konten berkualitas sangat diutamakan. Hal ini tentu menyulitkan bagi situs-situs dengan lalu litas rendah serta konten yang kurang bagus—menurut mereka. Tapi jika ingin mencoba dan menjadikan sebagai alternatif, tak ada salahnya bila mendaftarkan diri sebagai penayang iklan.


Untuk saat ini, jaringan iklan dengan format native seperti yang kami sebut di atas sangat populer digunakan oleh para publisher. Rata-rata ada yang berhasil dan mendapat gajian tiap bulan. Nah, tertarik ingin mencoba? Silakan daftar ke salah satu jaringan iklan tersebut atau memilih salah satu di antaranya.

0 Response to "JARINGAN IKLAN YANG MENYEDIAKAN FORMAT NATIVE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel